Klasifikasi Kesiapan Anak Taman Kanak-Kanak Masuk Sekolah Dasar Menggunakan Metode Naive Bayes

Sungkowo, Yuli Praptomo Pamungkas Hari and Ambarwati, Deni (2023) Klasifikasi Kesiapan Anak Taman Kanak-Kanak Masuk Sekolah Dasar Menggunakan Metode Naive Bayes. INTEK, 6 (1). pp. 32-41. ISSN 2620 4924

[img] Text
Klasifikasi Kesiapan Anak Taman Kanak-Kanak Masuk Sekolah.pdf

Download (474kB)
Official URL: https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/intek/article...

Abstract

Sesuai dengan peraturan pemerintah bahwa calon peserta didik baru kelas 1 (satu) SD harus memenuhi persyaratan usia 7 (tujuh) tahun; atau paling rendah 6 (enam) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan. Selain faktor usia, terdapat aspek lain yang memengaruhi kesiapan anak TK masuk SD yaitu aspek kognitif, motorik kasar, motorik halus, bahasa, dan sosial emosional. Namun banyak peserta didik yang memasuki sekolah dasar meskipun masih ada beberapa aspek yang belum bisa dipenuhi. Oleh sebab itu, dibutuhkan klasifikasi untuk mengetahui apakah peserta didik tersebut memiliki kesiapan untuk memasuki jenjang sekolah dasar atau tidak. Klasifikasi kesiapan anak untuk memasuki sekolah dasar dalam penelitian ini menggunakan metode naïve bayes, dengan atribut yang digunakan antara lain usia, kemampuan membaca, menulis, berhitung, dan kemandirian.Hasil dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan peserta didik guna memasuki sekolah dasar agar nantinya peserta didik maupun pengajar nantinya tidak kewalahan dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh nilai akurasi sebesar 94,23%. Dari hasil pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode Naïve Bayes dapat digunakan untuk mengklasifikasi kesiapan siswa memasuki sekolah dasar. Kata kunci: klasifikasi, sekolah dasar, data mining, naïve bayes. Abstract

Item Type: Article
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Sistem Informasi
Depositing User: Mr Yuli Praptomo
Date Deposited: 26 Jul 2023 13:24
Last Modified: 26 Jul 2023 13:24
URI: http://repository.stmikelrahma.ac.id/id/eprint/231

Actions (login required)

View Item View Item